Cara Tepat Menjaga Kebersihan Vagina

Cara Tepat Menjaga Kebersihan Vagina

Cara Tepat Menjaga Kebersihan Vagina

Cara Tepat Menjaga Kebersihan Vagina – Sebenarnya menjaga kebersihan vagina adalah mudah dilakukan. Membersihkan organ kewanitaan dapat dilakukan dengan air hangat dan sabun lembut tanpa pewangi, hal ini paling baik anda lakukan pada saat mandi sore hari.

Berikut ini akan dijelaskan hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam menjaga organ kewanitaan anda :

  1. Perhatikan Sabun yang Digunakan

Bersihkan bagian luar vagina dengan air hangat dan juga sabun lembut tanpa pewangi. Air hangat dapat memberikan efek rileks, dan juga dapat meredakan nyeri jika sedang menstruasi.

  1. Perhatikan Bahan Calana Dalam yang Dikenakan

Kenakan celana dalam katun, jenis tekstil yang terbuat dari serat alami, sehingga kulit tetap dapat bernapas, sirkulasi udara lancar, dan membuat perasaan menjadi lebih segar. Jika sedang mengalami  keputihan, gantilah celana dalam 3 kali sehari.

  1. Penggantian Pembalut Secara Periodik

Jika sedang mengalami menstruasi gantilah pembalut setiap 4 jam.

  1. Perhatikan Teknik Cebok atau Teknik Membersihkan Vagina

Setelah buang air, pastikan arah membersihkan vagina adalah dari depan ke belakang. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kotoran atau virus yang berasal dari saluran pembuangan tidak sampai ke area vagina. Selain itu jangan lupa untuk mengeringkan vagina menggunakan handuk bersih atau tissue.

  1. Jika Menggunakan Pembersih Vagina, Konsultasikan Dahulu ke Dokter

Hindari berbagai produk pembersih, sebab  belum dapat dipastikan tidak menyebabkan masalah kesehatan. Jika sampai terpaksa harus menggunakan pembersih vagina, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan dan kebidanan tentang produk apa yang harus digunakan.

  1. Memangkas rambut kemaluan

Menjaga kesehatan vagina yang baik dengan secara teratur memangkas rambut kemaluan. Rambut berlebih di sekitar vagina dapat menciptakan lingkungan yang lembab, dan ini dapat menyebabkan bakteri berkembang biak serta menyebabkan infeksi.

  1. Periksakan pap smear

Karena penyakit kanker terus meningkat, yang terbaik adalah mencegah daripada mengobatinya. Cara terbaik untuk mencegah kanker leher rahim adalah menggunakan tes pap smear setidaknya sekali setahun atau seperti yang disarankan oleh dokter. Ini akan menyelamatkan hidup Anda lebih cepat dan menjaga agar vagina tetap sehat.

Jaga selalu daerah kewanitaan anda.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar