Menjaga Kesehatan Paru-Paru, Ini Caranya !

Cara menjaga kesehatan paru paru

Cara menjaga kesehatan paru paru

Menjaga Kesehatan Paru-Paru,  Paru – paru merupakan organ dalam yang berperan penting untuk pernafasan. Jika terdapat gangguan dalam paru – paru, tentu sistem pernafasan juga akan terganggu. Paru-paru berfungsi melakukan pertukaran oksigen dengan CO2 dan uap air dari dalam tubuh manusia melalui jalan pernafasan. Udara bersih yang masuk memuat banyak oksigen yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Apabila kualitas udara yang masuk kurang baik, maka tubuh kita akan kekurangan oksigen yang dapat mengakibatkan gangguan pada organ-organ tubuh termasuk syaraf-syaraf otak.

Cara paling sederhana adalah selalu menjaga udara di sekitar selalu bersih, baik di dalam rumah atau ruang kerja Anda. Hal itu dapat diwujudkan dengan cara :

  1. Jangan Merokok

Rokok adalah benda yang mengandung zat beracun seperti nikotin. Jika masuk ke dalam tubuh, zat ini akan merusak organ – organ penting di dalam tubuh seperti paru –paru. Merokok sangat merugikan diri Anda karena zat-zat berbahaya dalam rokok menggerogoti kesehatan paru-paru secara perlahan. Dari survey yang dilakukan, dari 10 perokok aktif 9 diantaranya mengidap penyakit paru-paru. Dan dari data yang ada disebutkan bahwa perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif itu sendiri. Alangkah baiknya semua sadar dan saling menghargaui satu sama lainnya. Oleh karena itu, demi menjauhkan racun nikotin dari tubuh sebaiknya anda mulai mengurangi dan menghilangkan kebiasaan merokok.

  1. Hindari polusi udara

Usahakan udara yang anda hirup adalah udara segar yang belum bercampur polusi. Bagi anda yang memiliki rumah di kota, mungkin udara segar akan sangat sulit didapatkan. Oleh karena itu sebaiknya anda menanam beberapa pohon di depan rumah agar udara di lingkungan rumah anda tetap selalu terjaga kesehatannya. Jika Anda bepergian, gunakan masker agar terhindar dari debu dan polusi jalanan. Hindari polusi dan gas dari zat-zat berbahan kimia saat bekerja.

  1. Selalu Olahraga

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwayang kuat, itu adalah motto kehidupan yang sangat baik dan terkenal karena olahraga dapat membuat tubuh anda menjadi lebih bugar dan sehat. Selain itu olahraga dapat membuat paru-paru tetap prima dan berfungsi secara oftimal.

  1. Makan Makanan Sehat

Makanan yang mengandung antioksidan merupakan makanan terbaik untuk paru-paru Anda. Sayuran berdaun hijau sangat kaya akan antioksidan dan memberikan perlindungan bagi paru-paru Anda.

Demikian cara sederhana untuk membuat paru-paru Anda selalu sehat dan prima.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar